Pengertian Switch Dan Fungsinya Beserta Jenisnya

Pengertian Switch dan Fungsinya – Dalam jaringan komputer kita membutuhkan perangkat keras yang mendukung terbentuknya suatu jaringan. Perangkat jaringan tersebut memiliki tugas masing. Salahsatu perangkat yang digunakan adalah switch. Maka dari itu artikel kita hari ini akan membahas tentang pengertian switch dan fungsinya.

 

Pengertian Switch Dan Fungsinya

pengertian switch dan fungsinya
switch

Apakah Switch itu? Switch adalah salah satu dari banyak perangkat yang sering digunakan untuk jaringan komputer. Switch atau switch jaringan adalah alat jaringan yang menyegmentasikan atau menjembatani banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan MAC atau alamat MAC.

Baca juga: 17 macam perangkat jaringan komputer

Lebih jelasnya pengertian switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor.

Dilihat dari fungsinya, Switch memiliki fungsi seperti Hub. Tetapi perbedaan yang paling menonjol adalah jumlah area jaringan yang dapat dilakukan dan jumlah kecepatan transfer data.

Switch memiliki cakupan jaringan yang luas yang lebih besar dari Hub, disamping itu Switch juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada Hub. Switch telah dikembangkan untuk dapat menjalankan fungsinya dengan kecepatan lebih dari 100 Mbps. Bahkan ada switch yang memiliki kecepatan 1Gbps.

Switch Usability
Anda dapat menggunakan sakelar jaringan untuk menghubungkan komputer atau router di area terbatas. Sakelar itu sebenarnya bisa berfungsi di lapisan data link (tautan data). Cara kerja Switch hampir sama dengan Bridge. Namun, perbedaannya adalah Switch memiliki sejumlah port dengan itu sehingga Switch sering disebut bridge multi-port.

 

Jenis Jenis Switch

Ada banyak jenis switch yang dapat Anda lihat dan beli di pasar, kedua switch yang bekerja pada Layer 2 OSI atau layer Layer 3 pada layer OSI. Di bawah ini adalah jenis switch yang dapat Anda temukan di pasar.

– Switch ATM
ATM Switch atau Asynchronous Transfer Mode adalah mode transfer yang diatur dalam bentuk sel. Tujuan asynchronous adalah pengulangan sel yang berisi informasi dari pengguna yang tidak perlu periodik.

– ISDN Switch
ISDN adalah Jaringan Digital Layanan Terpadu, ISDN adalah salah satu jenis Switch yang dikenal sebagai Frame Relay Switch over ISDN. Biasanya Switch jenis ini ditemukan di Penyedia Layanan serta Switch, tetapi memiliki perbedaan bahwa antarmuka yang digunakan adalah kartu ISDN atau router ISDN.

Apa itu Router?
Baca juga: Pengertian Router dan Fungsi-fungsinya

– Switch DSLAM
Multiplekser Akses Pelanggan Digital Line (DSLAM, baca dee-lam) adalah jenis Switch yang memungkinkan saluran telepon untuk membuat koneksi cepat ke Internet. Switch ini terletak pada pertukaran telepon dari penyedia layanan yang menghubungkan beberapa pelanggan Digital Subscriber Lines (DSLs) dengan backbone Internet berkecepatan tinggi menggunakan teknik multiplexing.

– Switch Ethernet
Saklar Ethernet adalah perangkat interkoneksi jaringan lokal yang beroperasi pada lapisan data-link (lapisan 2) dari model referensi OSI. Switch pada dasarnya mirip dengan bridge, tetapi biasanya mendukung sejumlah besar segmen LAN yang terhubung dan memiliki kemampuan manajemen yang lebih kaya.

Switch LAN dapat menghubungkan empat, enam, sepuluh atau lebih jaringan bersama. Switch store-and-forward, di sisi lain, menerima dan menganalisa seluruh paket sebelum meneruskannya ke tujuannya.

Itulah pengertian switch dan fungsinya yang dapat saya atur dalam posting ini. Terima kasih telah mengunjungi dan membaca sampai selesai.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel