Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) – Manusia memiliki sifat yang tergantung. Karena manusia adalah makhluk sosial, tentu saja sebagai makhluk sosial, manusia perlu berinteraksi dengan lingkungannya. Salah satu bentuk interaksi dengan cara berkomunikasi satu sama lain, karena komunikasi adalah kebutuhan utama manusia untuk berinteraksi satu sama lain.

Dengan berkomunikasi, pengetahuan manusia akan meningkat dan berkembang, karena fungsi komunikasi adalah pertukaran informasi antar manusia.

Ini ditandai dengan kemajuan peradaban yang berkembang pesat karena manusia bertukar informasi melalui sarana komunikasi. Jadi, dengan kata lain komunikasi memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia.

Dalam posting ini ada topik utama diskusi yang perlu Anda pelajari dan pahami yaitu pemahaman teknologi informasi dan komunikasi.

Dan artikel ini akan dilanjutkan dengan 3 diskusi terkait TIK, yaitu; Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknologi Informasi dan Peralatan Komunikasi, Peran dan Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi.

 

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

teknologi informasi dan komunikasi
teknologi infromasi dan komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah perluasan TIK yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek dasar, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi mencakup semua yang terkait dengan proses, digunakan sebagai alat, manipulasi, dan manajemen informasi.

Padahal apa yang dimaksud dengan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang erat kaitannya dengan penggunaan alat untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Teknologi informasi dan teknologi komunikasi memiliki pemahaman yang berbeda. Tetapi memiliki kesamaan yang bertujuan untuk membantu seseorang menyampaikan informasi dan mendapatkan informasi dengan mudah dan tepat.

Komunikasi adalah proses yang dilakukan untuk menyampaikan informasi untuk mengubah atau membentuk perilaku seseorang. Yang awalnya tidak tahu apa-apa untuk mengetahui sesuatu. Sedangkan informasi adalah berita atau pengumuman yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu.

 

Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Seiring perkembangan zaman, membuat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh kemajuan ilmu yang dipelajari dalam penelitian. Sehingga dapat menghasilkan inovasi baru secara produktif dalam bentuk alat atau metode untuk memfasilitasi kegiatan informasi dan komunikasi.

Oleh karena itu, kedua konsep ini tidak dapat dipisahkan. Jadi teknologi informasi dan komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala hal yang berhubungan dengan pemrosesan, manipulasi, manajemen, transfer informasi antar media.

Istilah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) datang setelah kombinasi teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) dan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Pada awalnya, jika seseorang ingin menyampaikan dan menginformasikan informasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata verbal dan diekspresikan.

Tetapi perkembangan teknologi komunikasi dan informasi tentu akan memudahkan kita untuk memberikan informasi tidak hanya dengan menggunakan verbal tetapi juga melalui media seperti seperti telegraf, telepon, faksimili, email, obrolan, teleconference, webcam dll.

Dengan menggunakan e-mail kami dapat mengirim informasi ke orang lain meskipun jauh seperti di luar kota atau bahkan di luar negeri. Dan e-mail yang lebih besar tidak perlu menggunakan amplop, kertas surat dan perangko, tetapi cukup dengan fasilitas komputer dan internet.

Apa itu email? Baca lebih lengkap sepenuhnya pengertian email dan fungsinya

Dalam teknologi informasi dan komunikasi, ada dua aspek termasuk teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Saya akan membahas dua aspek ini dalam posting ini.

Seiring perkembangan zaman, membuat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh kemajuan ilmu yang dipelajari dalam penelitian, sehingga dapat menghasilkan inovasi baru secara produktif dalam bentuk alat atau metode untuk memfasilitasi kegiatan informasi dan komunikasi.

Dengan inovasi dalam teknologi informasi dan komunikasi, ini akan mendorong perubahan penting di berbagai penjuru dunia. Misalnya, dengan internet kita dapat melakukan perjalanan keliling dunia tanpa harus pergi ke negara yang ingin kita datangi, hanya dengan browsing melalui internet dan kita dapat mengetahui tentang negara-negara ini. jadi kita bisa menghemat waktu dan biaya.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel