Pengertian Topologi BUS Dan Gambarnya

Pengertian Topologi BUS – Jika Anda belajar tentang jaringan komputer, Anda akan menemukan suatu materi tentang topologi jaringan komputer.

Seperti yang kita ketahui bersama, ternyata topologi jaringan komputer memiliki banyak jenis. Namun sayangnya kita terkadang masih kesulitan membedakan karakteristik topologi tersebut, termasuk topologi bus.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan sama-sama belajar memahami apa yang dimaksud dengan topologi bus, dan sebenarnya apa itu topologi bus?

Yuk simak baik-baik penjelasan tentang topologi bus dibawah ini.

Daftar Isi:

  • Pengertian topologi bus
  • Ciri ciri topologi bus
  • Kelebihan dan kekurangan topologi bus
  • Contoh topologi bus
  • Cara kerja topologi bus

 

Pengertian Topologi BUS

Mengutip dari computerhope.com bahwa pengertian topologi bus merupakan pengaturan jaringan di mana setiap komputer dan perangkat jaringan terhubung ke kabel tunggal atau backbone. Kabel yang umumnya digunakan untuk topologi jaringan bus adalah kabel koaksial dan kabel RJ-45.

Pada topologi bus seluruh perangkat jaringan terhubung pada kabel tunggal yang disebut bus. Bus inilah yang kemudian menjadi pusat lalu lintas data dimana seluruh perangkat jaringan berkomunikasi dengan perangkat jaringan lainnya yang sedang terhubung.

Coba perhatikan gambar topologi bus dibawah ini.

pengertian topologi bus
topologi bus

Gambar topologi bus

Karakteristik Atau Ciri ciri Topologi BUS

Agar anda bisa membedakan topologi bus dengan jenis topologi lainnya, maka sebaiknya kita mengetahui karakteristik atau ciri ciri topologi bus.

Topologi jaringan bus memiliki karakteristik yaitu sebuah kabel tunggal (kebanyakan kabel koaksial) yang terbentang disepanjang jaringan, kabel inilah yang kemudian menjadi backbone (tulang punggung) pada jaringan tersebut.

Seluruh perangkat jaringan komputer terhubung dengan kabel koaksial tersebut dengan menggunakan sebua konektor yang kita kenal dengan konektor T. Konektor ini berperan untuk membagi jalur agar memungkinkan untuk perangkat dapat terhubung pada kabel utama (backbone).

Karakteristik lain yang membantu anda membedakan topologi bus dengan jenis topologi lainnya adalah bahwa topologi bus memiliki terminator di tiap ujung dari kabel jaringan. Terminator tersebut berfungsi untuk menyerap sinyal dan mencegah sinyal tersebut supaya tidak terpantul kembali, sebab apabila terjadi hal tersebut akan menyebabkan terjadinya tabrakan sinyal.

 

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Bus

Kelebihan Topologi Bus
Dibawah ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh topologi bus:

1. Mudah menambahkan perangkat baru
Apabila anda ingin menambahkan perangkat baru dalam topologi ini, anda tidak akan kesulitan karena anda hanya perlu menambahkan kabel sajaa dengan menggunakan konektor dengan panjang tergantung kebutuhan.

2. Biaya yang dibutuhkan murah
Berbeda dengan jenis topologi lainnya, ternyata topologi bus termasuk topologi yang irit biaya. alasannya karena topologi jaringan bus hanya membutuhkan kabel utama.

3. Tidak membutuhkan hub atau switch
Untuk dapat bekerja dengan sempurna, topologi bus tidak membutuhkan perangkat jaringan komputer seperti hub dan switch. Alasannya karena sifatnya yang linier, sehingga data akan mengalir bebas ke semua jaringan. Namun, topologi bus masih membutuhkan satu terminator yang harus dipasang pada setiap ujung kabel utama.

4. Terminator kabel tidak membutuhkan daya
Terminator yang digunakan pada topologi bus merupakan perangkat yang bersifat pasif, artinya terminator tersebut tidak membutuhkan daya untuk dapat bekerja.

Selain memiliki beberapa kelebihan, topologi jaringan bus juga memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari topologi jaringan bus.

Kekurangan Topologi Bus

1. Menambahkan perangkat akan memperlambat jaringan
Melihat cara topologi bus berkomunikasi dengan komputer lain, dapat disimpulkan bahwa semakin banyak perangkat yang terhubung ke kabel utama, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk bertukar data.

2. Masalah keamanan
Setiap komputer pada topologi bus yang terhubung ke kabel utama dapat melihat semua transmisi data yang terjadi pada semua komputer lain. Ini adalah masalah keamanan dalam topologi bus, karena semua orang dapat melihat apa yang dilakukan orang lain.

3. Kerusakan pada kabel utama akan mempengaruhi seluruh jaringan
Karena kabel utama adalah pusat lalu lintas data, jika ada kesalahan kecil, itu akan mempengaruhi seluruh jaringan. Dampak yang ditimbulkan bisa berupa kerusakan pada seluruh jaringan atau jaringan yang putus menjadi dua bagian.

Demikian artikel mengenai pengertian topologi bus dan gambarnya serta keuntungannya, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: https://www.bbc.com/bitesize/guides/z36nb9q/revision/4

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel