Topologi Ring : Pengertian, Cara Kerja dan Gambarnya

PintarKomputer.Id – Salahsatu jenis dari topologi jaringan komputer yaitu topologi ring. Dinamakan topologi ring karena bentuknya melingkat seperti ring (cincin). Topologi ring sering digunakan di sekolah, kantor, dan gedung-gedung kecil yang notabane nya memiliki jaringan kecil.

Namun saat ini topologi ring jarang digunakan, karena telah beralih kepada topologi jaringan jenis lain untuk meningkatkan kinerja, stabilitas, atau dukungan.

Ketika kita duduk dibangku sekolah, mungkin kita sering mendengar istilah topologi ring. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan topologi ring? bagaimana cara kerja topologi ring? dan apa saja kelebihan dan kekurang topologi ring?

Maka dari itu, pada artikel ini kita akan sama-sama belajar memahami tentang topologi ring.

Yuk lanjutkan…

 

Pengertian topologi ring

Menurut wikipedia, pengertian topologi ring adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

Pada Topologi cincin, masing-masing titik/node berfungsi sebagai repeater yang akan memperkuat sinyal disepanjang sirkulasinya, artinya masing-masing perangkat saling bekerjasama untuk menerima sinyal dari perangkat sebelumnya kemudian meneruskannya pada perangkat sesudahnya, proses menerima dan meneruskan sinyal data ini dibantu oleh TOKEN.

Atau

Pengertian topologi ring adalah konfigurasi atau pengaturan jaringan di mana koneksi perangkat membuat jalur data melingkar. Setiap perangkat jaringan terhubung ke dua lainnya, seperti titik pada lingkaran.

Lihat dan perhatikan gambar topologi ring dibawah ini!

pengertian topologi ring
gambar topologi ring

Dalam topologi jaringan ring, paket-paket data berjalan dari satu perangkat ke perangkat lainnya sampai mereka mencapai tujuan. Kebanyakan topologi ring memungkinkan paket untuk melakukan perjalanan hanya pada satu arah, istilah ini disebut topologi jaringan ring searah. Ada juga yang mengizinkan data untuk bergerak ke kedua arah, istilah ini disebut topologi ring dua arah.

Dari pengertian diatas bisa kita pahami bahwa topologi ring terbagi menjadi dua; yaitu topologi ring satu arah dan topologi ring dua arah.

Topologi ring unidirectional (searah) menangani lalu lintas data arah searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Jaringan data ini dapat disebut sebagai jaringan half-duplex. Oleh karena itu, topologi cincin searah lebih mudah dipelihara dibandingkan dengan topologi ring dua arah.

 

Implementasi Topologi Ring

Topologi ring dapat digunakan baik dalam jaringan LAN atau jaringan WAN. Tergantung pada jenis kartu jaringan (LAN Card) yang digunakan di setiap komputer. Biasannya media transimisi yang digunakan dalam topologi ring adalah kabel koaksial atau kabel jaringan RJ-45.

Pembahasan lengkap tentang jaringan LAN bisa anda baca pada artikel yang berjudul “Pengertian jaringan LAN dan gambarnya

 

Cara Kerja Topologi Ring

TOKEN ring berisi informasi bersamaan dengan data yang berasal dari komputer sumber, token kemudian akan melewati node dan akan memeriksa apakah informasi data tersebut digunakan oleh node yang bersangkutan.

Jika ya, maka token akan memberikan data yang diminta oleh node untuk kemudian kembali berjalan ke node berikutnya dalam jaringan.

Jika tidak, maka token akan melewati node sambil membawa data menuju ke node berikutnya. Proses ini akan terus berlangsung hingga sinyal data mencapi tujuannya.

Pada topologi cincin, komunikasi data akan terganggu apabila satu node mengalami gangguan. Jaringan FDDI (Fiber Distributed Data Interface) mengantisipasi kelemahan pada topologi ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

FDDI (Fiber Distributed Data Interface) adalah jaringan berkecepatan tinggi yang andal untuk lalu lintas tinggi. FDDI dapat mengirim data berukuran 100Mbps dan dapat mendukung hingga 500 stasiun di satu jaringan.

FDDI mempertahankan keandalan yang tinggi karena jaringan FDDI terdiri dari dua cincin counter-rotating seperti yang ditunjukkan pada Gambar

(a). Cincin ini bekerja untuk saling mendukung satu sama lain, jadi jika ada sesuatu yang salah pada jaringan, cara alternatif untuk mendapatkan data dapat dilakukan. ditemukan.

(b) mengilustrasikan aliran data ketika satu stasiun gagal. Setelah stasiun gagal, stasiun yang berdekatan menggunakan jalur mundur untuk membentuk lingkaran tertutup. FDDI juga dianggap dapat diandalkan karena memiliki mekanisme untuk memperbaiki masalahnya sendiri.

 

Kelebihan dari topologi ring

1) Dalam topologi ring semua arus lalu lintas hanya satu arah pada kecepatan yang sangat tinggi.
2) Memiliki kinerja yang lebih baik pada saat aliran data tinggi. Dan ini lebih baik dari pada topolog bus.

Baca juga: pengertian topologi bus

3) Tidak membutuhkan server jaringan untuk mengontrol konektivitas antara workstation.
4) Komponen tambahan tidak mempengaruhi kinerja jaringan.
5) Setiap komputer memiliki akses yang sama pada sumber daya.

 

Kekurangan dari topologi ring

1) Setiap paket data harus melewati semua komputer antara sumber dan tujuan. Sehingga membuat topologi ring lebih lambat daripada topologi Star .
2) Jika satu workstation atau port mati atau bermasalah, maka seluruh jaringan akan terpengaruh.
3) Jaringan sangat bergantung pada kawat yang menghubungkan berbagai komponen.
4) Kartu jaringan mahal dibandingkan dengan kartu Ethernet dan hub.

Kelebihan Topologi RingKekurangan Topologi Ring
Memiliki kecepatan pengiriman yang tinggiMemerlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles
Mudah dirancangKinerja komunikasi bergantung dari banyaknya node yang terdapat pada jaringan
Tidak boros kabelPengiriman suara, video, dan data yang buruk
Lebih mudah dan tidak membutuhkan hostKerusakan pada salah satu komputer dapat menyebabkan jaringan lumpuh
Komunikasi antar terminal mudahMemerlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles

Demikianlah artikel dari saya mengenai pengertian topologi ring dan gambarnya, semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda semua. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

sumber gambar: http://www.bbc.co.uk/schools/gcsebitesize/ict/datacomm/networktopsrev2.shtml

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel