Pengertian Topologi Star Dan Gambar Beserta Kelebihan Serta Kekurangannya

PintarKomputer.Id – Masih membahas tentang topologi jaringan komputer, kemarin kita sudah sama-sama mempelajari tentang pengertian topologi jaringan komputer lengkap dengan jenis-jenisnya. Dan kita juga sudah membahas salahsatu dari jenis jaringan komputer yaitu topologi bus. Lalu, apa yang dimaksud dengan topologi star? dan apa kekurangan dan kelebihan topologi star?

Nah, untuk menjawab pertanyaan diatas, maka pada artikel ini kita akan sama-sama mengetahui penjelasan tentang topologi star secara lengkap.

Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian topologi jaringan star atau bintang

Topologi jaringan star adalah salah satu topologi jaringan komputer yang paling umum dan memiliki bentuk yang paling sederhana.

Dinamakan topologi star karena bentuk topologi ini seperti bintang.

Pada topologi jaringan star anda akan menemukan perangkat keras jaringan komputer yaitu hub, switch, multipoint repeater, atau bahkan Multistation Access Unit. perangkat tersebut bertindak sebagai saluran untuk mengirim pesan.

Dalam topologi star, setiap host terhubung kepada hub pusat tersebut.

 

Prinsip kerja topologi star

Untuk lebih memahami tentang topologi star, maka saya menyarankan anda agar mau membaca prinsip kerja dari topologi star ini.

Berikut adalah penjelasan mengenai prisip kerja dari topologi star :
1. Hub yang sudah terkoneksi dengan server penyedia paket data sudah harus siap untuk dijadikan pusat dari jaringan komputer.
Setelah itu, pasang kabel – kabel ke dalam port pada switch ataupun hub yan gdigunakan sebagai sentral utama.

2. Setelah semua kabel terpasang, sambungkanlah kabel tersebut pada komputer yang akan dijadikan sebagai client atau user. Sehingga setiap client akan mendapatkan data yang sama seperti apa yang dimiliki oleh komputer server.

Dengan menggunakan topologi star sebagai dasar implementasi dari pembuatan sebuah jaringan komputer, maka hal ini membuat setiap komputer yang difungsikan sebagai client membutuhkan masing – masing satu instalasi kabel.

Jadi apabila kita memiliki 30 unit komputer client atau user, maka minimal kita membutuhkan 30 buah kabel agar implemetasi dari suatu jaringna komputer yang didasari oleh topologi star bisa bekerja dengan baik dan optimal pada setiap komputer pun client.

Saat ini, selain penggunaan topologi star konvensional, ada juga pengembangan dari topologi star ini, yang kita kenal dengan istilah “topologi star hybrid“. Topologi star hybrid ini pada dasarnya sama saja dengan topologi star, hanya saja yang membedakannya adalah penggunaan beberapa jenis kabel pada suatu jaringan komputer.

Penggunaan beberapa jenis kabel tersebut lebih mengarah pada kualitas dari transfer paket data yang sanggup dilakukan oleh server dan hub atau switch kepada komputer user dan juga client. Semakin baik kualitas dan juga jenis kabel yang dimiliki, maka semakin baik pula kualitas dari penhantaran sinyal dan juga paket data dalam satu jaringan komputer tersebut.

Untuk lebih memahami penjelasan diatas, silahkan perhatikan gambar topologi star dibawah ini.

pengertian topologi star atau bintang
pengertian topologi star atau bintang

Karakteristik Topologi Star

Topologi star memiliki karakteristik atau ciri. Karakteristik yang khas dari topologi star adalah;
1. Setiap komputer host memiliki kabelnya sendiri yang terhubung lansung pada perangkat pusat hub, switch, multipoint repeater, atau bahkan Multistation Access Unit (MAU) melalui sistem point-to-point.

2. Topologi star ini biasanya pasang pada jaringan rumah atau dikantor (jaringan LAN)

3. Kabel yang digunakan pada topologi star adalah kabel dengan jenis Unshielded Twisted Pair (UTP), namun juga dapat dengan menggunakan jenis kabel fiber optik dan kabel coaxial.

Komponen Yang Digunakan Untuk Membuat Jaringan Star
Untuk membangun jaringan dengan model topologi star komputer harus menyiapkan beberapa komponent, antara lain :

  • Komputer
  • Hub / Switch
  • Kabel UTP
  • Konektor RJ 45

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star (Bintang)

Sama dengan jenis topologi jaringan komputer lainnya, ternyata topologi star memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika anda memutuskan ingin membangun jaringan komputer dengan jenis topologi seperti ini, maka anda harus benar-benar memahami dengan kelebihan dan kekurangan topologi star ini.

1. Bisa digunakan untuk banyak komputer server dan client
Kelebihan pertama dari topologi star adalah mampu digunakan untuk komputer user dan juga client dalam jumlah yang banyak. Bagi anda yang memilki satu ruangan dengan lebih dari 30 komputer, akses data antar komputer di dalam satu ruangan tersebut masih sanggup untuk ditangani oleh topologi jaringan star.

Inilah yang membedakan dengan topologi star dengan topologi bus. karena topologi bus hanya mampu menangani 10 komputer saja.

2. Mudah dalam melakukan perbaikan
Ketika topologi jaringan star mengalami masalah, yang perlu anda lakukan hanya melihat kondisi komputer server, dan perangkat keras jaringan komputer seperti hub atau switch, serta kabel-kabel yang menghubungkan hub atau switch dengan komputer.

Apabila salah satu komputer client mengalami masalah pada jaringannya, maka anda hanya tinggal melihat kondisi kabel yang dianggap mengalami kerusakan.

3. Satu komputer client yang bermasalah tidak akan mempengaruhi kualitas dari kecepatan jaringan
Inilah yang menarik dari kelebihan topologi jaringan star. Dengan menggunakan topologi jaringan star, maka ketika ada salah satu atau beberapa komputer client mengalami kerusakan, maka jaringan tersebut tidak akan mengalami masalah sama sekali, karena memiliki jalur kabel yang berbeda. Hal ini juga tentu saja dapat mempermudah proses perbaikan, dan juga dapat mengehemat biaya perbaikan.

4. Memiliki kecepatan jaringan sama
Kelebihan lainnya dari topologi star dalam pembuatan suatu jaringan komputer adalah setiap komputer client yang terhubung dalam topologi star ini akan memiliki kecepatan dan juga transfer rate yang sama. Sehingga hal ini dapat meningkatkan efisiensi dari penggunaan jaringan komputer tersebut.

5. Bisa menggunakan berbagai jenis kabel yang berbeda sesuai kebutuhan
Terkadang beberapa komputer client membutuhkan kabel khusus. Namun tidak dengan topologi star, karena topologi star sangat mungkin untuk mendukung berbagai jenis kabel yang berbeda.

6. Sangat mudah untuk dikembangkan
Apabila anda ingin menambah jumlah komputer user, maka anda hanya cukup membeli kabel saja, dan dapat mengkoneksikannya langsung dengan hub atau switch yang anda gunakan sebagai pusat transmisi data. Jadi, anda tidak perlu repot melakukan instalasi kabel ulang.

7. Mudah untuk mengoperasikan jaringan
Penggunaan dan juga peng-aplikasian dari topologi star dalam pembentukan jaringan komputer pun dinilai cukup mudah, sehingga banyak orang lebih memilikh menggunakan topologi star dalam membangun jaringan komputer.

Kekurangan Topologi Star
Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata topologi star dalam pembangunan sebuah jaringan komputer memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ini adalah kekurangan yang teradapat pada topologi star dalam jaringan komputer :

1. Membutuhkan banyak kabel
Ya, penggunaan kabel pada topologi star ini sangatlah boros, karena membutuhkan satu kabel untuk satu komputer client atau user.

2. Switch atau hub harus dijaga kesehatannya
hub atau switch merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang berperan penting dalam topologi star. Maka dari itu kesehatan dari hub dan switch harus benar benar di perhatikan, karena apabila terjadi kerusakan pada hub, maka seluruh jaringan akan mengalami kegagalan.

3. Lalu lintas data yang padat dapat menurunkan kecepatan transfer data
Selain itu, kekurangan lainnya dari topologi star adalah dapat mengalami penurunan kecepatan transfer data, terutama apabila terdapat lalu lintas data yang sangat padat. Hal ini berpotensi menurunkan kecepatan transfer dan juga dapat menurunkan kualitas dari koneksi suatu jaringan.

4. Biaya lebih mahal
Mengingat ada banyak nya perangkat yang harus dimiliki untuk membangun topologi star, maka sudah pasti biayanya pun akan relatif lebih tinggi, karena paling tidak untuk membangun topologi star, kita membutuhkan banyak kabel dan juga swtich ataupun hub.

Demikianlah artikel pengertian topologi star beserta gambar topologi star dan kekurangan serta kelebihannya.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

sumber: https://www.computerhope.com

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel