Pengertian Transmisi Data dan Contohnya

Pengertian Transmisi Data dan Contohnya – Komunikasi Data adalah proses pertukaran data antara sumber dan data penerima. Komunikasi data disebut komunikasi lokal jika perangkat komunikasi berada di gedung yang sama atau wilayah geografis yang sama.

Perangkat yang mentransmisikan data dikenal sebagai sumber dan perangkat yang menerima data yang dikirim dikenal sebagai penerima. Komunikasi data bertujuan untuk mentransfer data dan memelihara data selama proses tetapi bukan generasi informasi yang sebenarnya di sumber dan penerima.

Baca: Pengertian Komunikasi Data dan Contoh

Data dapat mengambil beberapa bentuk seperti angka, teks, bit dan byte. Gambar adalah ilustrasi dari sistem komunikasi data sederhana.

Sistem komunikasi data dapat mengumpulkan data dari lokasi terpencil melalui sirkuit transmisi data, kemudian transfer ke lokasi terpencil. Teknik komunikasi data yang berbeda yang saat ini digunakan secara luas berevolusi secara bertahap untuk meningkatkan teknik komunikasi data yang ada atau mengganti yang sudah ada dengan opsi dan fitur yang lebih baik.

 

1. Komponen Sistem Komunikasi Data

Sistem komunikasi memiliki komponen-komponen berikut:
1. Pesan: Pesan adalah informasi atau data untuk dikomunikasikan. Pesan dapat berupa teks, angka, gambar, suara, atau video atau kombinasi keduanya.

2. Pengirim: Pengirim adalah perangkat / komputer yang menghasilkan dan mengirim pesan.

3. Receiver: Receiver adalah perangkat atau komputer yang menerima pesan. Lokasi komputer penerima umumnya berbeda dari komputer pengirim. Jarak antara pengirim dan penerima tergantung pada jenis jaringan yang digunakan.

4. Media: Media adalah saluran fisik atau jalur yang melaluinya pesan diambil dari pengirim ke penerima. Media dapat dihubungkan dengan kabel twisted pair, kabel koaksial, serat optik atau kabel nirkabel seperti laser, gelombang radio dan gelombang mikro.

5. Protokol: Protokol adalah seperangkat aturan yang mengatur komunikasi antar perangkat. Baik pengirim dan penerima mengikuti protokol yang sama untuk berkomunikasi satu sama lain.

6. Kabel Gyre: UTP Wired atau biasa dikenal dengan Unshielded Twisted Pair, kabel ini umumnya digunakan untuk mengirimkan melalui jaringan komputer seperti di kantor / warung internet. Selain UTP, STP (Shielded Twisted Pair) di mana ada beberapa kabel dalam satu bundel juga bisa digunakan untuk mengirimkan data.

7. Kabel koaksial: Kabel ini terdiri dari dua jenis konduktor yang dipisahkan menggunakan isolator.

8. Serat optik: Kabel ini umumnya disebut (serat optik), di mana kabel dapat mengirimkan informasi dengan menyampaikan informasi / data menggunakan gelombang cahaya.

9. Nirkabel (Nirkabel)
Wi-fi atau Wireless adalah Media Transmisi Unguided, di mana media ini mampu mengirimkan data tetapi tidak dapat digunakan sebagai panduan. Transmisi data yang terdapat dalam jaringan ini umumnya dilakukan menggunakan perangkat tambahan yang dikenal
sebagai antena atau penerima pemancar.

2. Jalur Transmisi Data

Saluran transmisi adalah perangkat yang mampu mengirim informasi menggunakan janji lain. Jalur transmisi data ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Multicast, Broadcast, dan Unicast.

a. Multicast
Multicast adalah proses komunikasi yang terjadi melalui satu perangkat dengan perangkat lain. Dalam proses ini setiap perangkat yang terhubung dapat berkomunikasi menggunakan perangkat yang menghubunginya. Contohnya adalah server yang digunakan untuk mengakses internet.

Server akan melayani beberapa komputer yang terhubung ke media, dan dalam proses ini komputer yang dihubungi dapat memberikan respons balik ke server.

b. Broadcast
Siaran adalah proses pengiriman data atau informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dalam proses ini, perangkat yang menerima informasi tidak dapat memberikan respons terhadap perangkat pengirim data atau informasi.

Beberapa contoh yang menggunakan saluran transmisi Broadcast adalah pemancar radio, pemancar televisi, dan mengirim email menggunakan milis.

pengertian transmisi data
broadcast

c. Unicast
Unicast adalah informasi kontak yang terjadi pada perangkat dengan satu perangkat lain. Misalnya ketika menggunakan telepon, ketika salah satu telepon digunakan untuk menghubungi salah satu telepon lain, selain dua telepon yang terhubung, mereka tidak dapat menghubungi salah satu telepon yang terhubung.

 

Fungsi Fungsi Protokol

1. Perutean data
Perutean data menentukan jalur paling efisien antara sumber dan tujuan.

2. Format data
Aturan pemformatan data menentukan kelompok bit atau karakter dalam paket yang merupakan data, kontrol, alamat, atau informasi lainnya.

3. Kontrol aliran
Protokol komunikasi juga mencegah pengirim cepat dari penerima yang lambat. Protokol memastikan distribusi sumber daya dan perlindungan kepadatan lalu lintas dengan mengatur arus data di jalur komunikasi.

4. Kesalahan kontrol
Aturan ini dirancang untuk mendeteksi kesalahan dalam pesan dan memastikan pengiriman pesan yang benar. Metode yang paling umum adalah mengirim ulang blok pesan yang salah.

5. Sesuaikan Transmisi
Aturan ini memastikan bahwa semua node dapat memiliki kesempatan untuk menggunakan jalur komunikasi dan sumber daya jaringan lainnya berdasarkan prioritas yang diberikan kepada mereka.

6. Pembentukan dan penghentian koneksi
Aturan ini menentukan bagaimana koneksi dibentuk, dipertahankan dan dihentikan ketika dua node jaringan ingin berkomunikasi satu sama lain.

7. Keamanan data
Menyediakan keamanan data dan privasi juga dibangun ke dalam paket perangkat lunak komunikasi. Ini berarti mencegah akses data pengguna yang tidak sah.

8. Informasi log
Beberapa perangkat lunak komunikasi dirancang untuk mengembangkan informasi log, yang terdiri dari semua tugas komunikasi data dan pekerjaan yang telah dilakukan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengisi daya pengguna jaringan berdasarkan penggunaan sumber daya jaringan mereka.

Kesimpulan
Pengertian Transmisi Data adalah suatu proses untuk mengirim data dari satu sumber data ke penerima data baik menggunakan komputer atau menggunakan media elektronik lainnya.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel