pengolahan data
pengolahan data

Pengolahan Data Pada Komputer

Posted on

Pengolahan data dapat diartikan proses di mana data diolah dan, dalam bentuk informasi, diubah menjadi bentuk yang lebih berguna dan bermakna. Pengolahan data adalah fungsi komputer setelah entry data . Pada artikel ini akan dibahas secara singkat, terutama mengenai pentingnya pengelolaan data. Silahkan ikuti penjelasannya sebagai berikut.

Definisi data

Data adalah kumpulan informasi atau fakta kasar berupa angka, simbol, kata, atau gambar yang diperoleh dengan mengamati atau mencari sumber tertentu. Pendapat lain adalah bahwa definisi data adalah kumpulan informasi atau gambaran dasar tentang sesuatu (objek atau peristiwa) yang bersumber dari pengamatan yang dapat diolah menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti database, informasi, atau solusi seperti masalah tertentu.

Secara etomologis, istilah dalam “data” berasal dari bahasa Latin yang artinya “diberikan”, yang berarti sesuatu yang diberikan. Atau data merupakan hasil observasi atau pengukuran suatu variabel yang bentuknya bisa berupa warna, simbol, angka, kata atau gambar.

Fungsi data secara umum

Pada dasarnya, data berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan seseorang. Namun penggunaan istilah data tersebar luas di bidang teknologi komputer dan berbagai penelitian.
Fungsi data meliputi:

  • Dapat digunakan sebagai panduan atau sebagai dasar untuk studi atau perencanaan.
  • Data   digunakan sebagai referensi saat melakukan suatu kegiatan.
  • Data dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengambil keputusan dalam memecahkan masalah.
  • Dapat di pakai untuk mengevaluasi suatu kegiatan

Pengertian Pengolahan Data

Pengolahan data adalah manipulasi data dalam bentuk informatif. Informasi merupakan hasil pengolahan data dalam bentuk tertentu yang lebih bermakna daripada suatu kegiatan atau peristiwa.

Baca Juga  Mengenal Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Ada empat klasifikasi alat komputasi yang harus diperhatikan, diantaranya peralatan manual atau alat komputasi sederhana, yang terpenting adalah penggunaan sumber daya manusia. Berikutnya adalah perangkat mekanis, yaitu perangkat yang lebih modern yang berbentuk mekanis dan digerakkan dengan tangan.

Fungsi Pengolahan Data

Ada beberapa fungsi dasar pengolahan data, yaitu:

  1. Mengambil program dan data (masukan / input)
  2. Menyimpan program dan data serta menyediakan untuk pemrosesan
  3. Menjalankan proses aritmatika dan logika pada data yang disimpan
  4. Menyimpan hasil antara dan hasil akhir pengolahan.
  5. Mencetak atau menampilkan data yang disimpan

Dalam menjalankan operasi pengolahan data, sistem komputer terdiri dari tiga tahap dasar, yaitu tahap masukan data, tahap pemrosesasn data, dan tahap keluaran.

Agar langkah-langkah tersebut dapat mengarah ke langkah selanjutnya dari perangkat keras yang digunakan (perangkat keras) dan dapat dikendalikan oleh pengguna atau pengguna (brainware), perintah-perintah tersebut menggunakan operasi atau perintah tertentu berupa perangkat lunak (software) pada komputer.

Tahap pengembangan pengolahan data dasar di atas ditambah dengan perangkat penyimpanan data atau informasi dan dibentuk dengan model siklus pengolahan data.

Siklus Pengolahan Data

Berikut ini adalah alur atau siklus pengolahan data pada komputer

1. Input

Tindakan memasukkan data atau instruksi. Perangkat input adalah perangkat entri data.
Contoh: keyboard dan mouse

2. Proses / CPU (prosesor)

Pemrosesan data lebih lanjut dapat memberikan informasi yang diperlukan.
Unit pemrosesan ini disebut Central Processing Unit (CPU). CPU bekerja dengan aritmatika dan logika untuk data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit input seperti keyboard, pemindai, joystick.

Unit pengolah di dalam CPU terdiri dari:

  • ALU (unit logika aritmatic)  : Digunakan untuk mengolah data dalam bentuk data dan logika seperti data matematika dan statistik. Tugas utama ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematis) yang terdiri dari instruksi-instruksi program.
  • CU (unit kontrol)  :Digunakan untuk mengontrol kontrol dari suatu proses yang dijalankan sebelum data menjadi keluaran atau keluaran.
Baca Juga  Netcut Terbaru Untuk Windows 10

3. Perangkat penyimpanan (storage)

Memori dibagi menjadi internal dan eksternal.

  • Memory internal, Prosesor dapat mengakses memori secara langsung, misalnya: ROM, RAM
  • Memory Eksternal, Memori yang dapat diproses oleh prosesor melalui port. misalnya flashdisk

4. Keluaran / output

Perangkat keluaran yang mampu memberikan informasi yang diminta. Keluaran yang dihasilkan oleh pemrosesan data dibedakan menjadi 4 jenis:

  • Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus dan simbol lainnya.
  • Gambar berupa grafik atau gambar.
  • Suara dalam bentuk musik
  • Bentuk yang dibaca oleh mesin berupa simbol dan hanya dapat dibaca oleh komputer.

Demikianlah artikel Pintar komputer tentang pengolahan data semoga bermanfaat.