11 Peran Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer

Diposting pada

11 Peran Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer – Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang ada di lapisan pertama dan ditempatkan pada media penyimpanan (hard disk) di komputer. Sementara itu, perangkat lunak lain ada di lapisan kedua.

Sistem Operasi dalam struktur sistem komputer

Perangkat keras adalah bagian fisik komputer. Dan dibedakan oleh data yang ada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang memberikan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram ketika berbicara tentang firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” atau ditanam ke perangkat keras.

Juga Baca:
Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya

Utilitas adalah perangkat lunak komputer yang dibuat untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimalisasi sambil membantu manajemen komputer atau sistem. Utilitas fokus pada optimalisasi fungsi infrastruktur yang terkandung dalam komputer. Fungsi utilitas termasuk mencadangkan data, memulihkan sistem atau data, mengompresi data, menangani virus dan lainnya.

Program aplikasi atau program aplikasi adalah perangkat lunak aplikasi yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan oleh pengguna. Pengguna dapat melakukan berbagai hal di komputer seperti mengetik, bermain game, membuat gambar dll.

Beberapa program aplikasi digabungkan bersama ke dalam paket yang disebut suite aplikasi. Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org.

11 Peran Sistem Operasi

11 Peran Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer
OS

Sistem Operasi memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam sistem komputer. Peran dan fungsi sistem operasi meliputi;

  1. Sebagai kernel, yang merupakan program yang berjalan terus menerus selama komputer dijalankan.
  2. Peran sistem operasi sebagai Guardian: yaitu untuk menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan menyediakan kontrol atas proses membaca, menulis atau mengeksekusi data dan program.
  3. Sebagai Gatekeeper adalah untuk mengontrol siapa yang berhak masuk ke sistem dan memantau tindakan apa pun yang dapat mereka lakukan ketika mereka login di sistem.
  4. Peran sistem operasi sebagai Pengoptimal adalah untuk menyederhanakan perangkat keras komputer sehingga mudah dioperasikan oleh penggunanya, menjadwalkan masukan oleh pengguna, mengakses basis data, proses komunikasi, dan keluaran untuk meningkatkan kegunaan.
  5. Sebagai penyedia fasilitas sehingga kegiatan yang kompleks dapat diatur untuk dilakukan sesuai urutan yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  6. Peran sistem operasi sebagai Programm Controller adalah program pengendali yang merupakan program yang berguna untuk mengendalikan program aplikasi lainnya.
  7. Sebagai server adalah menyediakan layanan yang sering dibutuhkan oleh pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme akses file, fasilitas interupsi.
  8. Peran sistem operasi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, memanggil perangkat I / O (input / output), penyimpanan disk dan waktu koneksi terminal.
  9. Peran sistem operasi sebagai antarmuka yang menjembatani pengguna dengan perangkat keras, menyediakan lingkungan yang ramah pengguna. Sehingga pengguna tidak terganggu oleh bahasa mesin atau perangkat tingkat yang lebih rendah.
  10. Sebagai manajer sumber daya: yaitu mengelola semua sumber daya sistem komputer.
  11. Peran sistem operasi sebagai Mesin Virtual, yang menyediakan layanan seperti menyembunyikan kompleksitas pemrograman dan menyediakan fasilitas yang lebih mudah untuk menggunakan perangkat keras.

Itulah peran sistem operasi dan struktur sistem komputer, semoga bermanfaat … Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa untuk mengunduh artikel di atas dalam format Pdf di bawah ini

Silahkan berkomentar dengan relevan