Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Di Berbagai Bidang – Apakah kita menyadarinya atau tidak kita telah menjadi bagian dari perkembangan teknologi dan komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa orang tidak dapat bekerja tanpa teknologi telepon.

Hampir setiap orang merasakan dampak dari kemajuan teknologi. Apa yang terjadi jika tidak ada televisi, telepon atau komputer sekarang? Karena Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama untuk kegiatan sehari-hari karena memberikan kontribusi besar terhadap perubahan mendasar dalam struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan, dan penelitian.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan memahami peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel ini juga merupakan artikel tindak lanjut dari artikel sebelumnya, yaitu; pengertian teknologi informasi dan komunikasi dan berbagai alat teknologi informasi dan komunikasi.

Silakan baca lagi untuk mengingatnya.

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

peran teknologi informasi dan komunikasi
peran teknologi informasi dan komunikasi

1. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sektor Industri
Peran TIK banyak digunakan di dunia industri. Kebutuhan waktu dan efisiensi biaya menyebabkan setiap perusahaan merasakan kebutuhan untuk menerapkan teknologi di lingkungan kerja akan menyebabkan perubahan kebiasaan kerja.

Kami ambil satu contoh, aplikasi Enterprice Resource Planning (disingkat ERP). ERP adalah sistem informasi yang digunakan oleh perusahaan manufaktur dan jasa yang berperan untuk mengintegrasikan dan mengotomatiskan proses bisnis yang terkait dengan aspek operasi, produksi dan distribusi di perusahaan yang bersangkutan.

Selain itu, penggunaan berbagai alat digital sangat mempengaruhi produksi perusahaan. Penggunaan alat atau sistem digital, jika tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi dan dapat menerapkan ilmunya kepada perusahaan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Karena itu, perusahaan akan mencari karyawan yang ahli di bidangnya dan teknologi informasi dan komunikasi.

Contoh lain adalah Industri Rekaman, untuk mencetak album ke VCD atau DVD perlu untuk membantu dengan program komputer untuk memproses pembakaran atau membakar CD sehingga mereka dapat merekam suara berkualitas sangat tinggi. Kami juga dapat membuat komposer musik menggunakan situs online seperti https://onlinesequencer.net/.

2. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis, manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi termasuk bisnis online (jual beli online atau E-Commerce). E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan internet.

Barang atau jasa biasanya ditawarkan melalui situs jual beli online. Jika ada konsumen yang tertarik dalam suatu barang atau produk atau layanan, mereka dapat membeli dengan kartu kredit atau layanan pos jika mereka ingin membayar secara tunai. Setelah itu barang akan dikirim ke tempat konsumen.

Pada jual beli online biasanya penjual dan pembeli tidak tatap muka. Keuntungannya adalah bahwa pembeli tidak harus pergi ke luar untuk membeli barang dan menghemat waktu. Namun, kerugian ini rentan terhadap penipuan. Contoh toko online seperti Toskopedia, Bukalapak, Kaskus FJB dan lain-lain.

3. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Pendidikan
Teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, terbukti di setiap sekolah telah disediakan laboratorium bahasa dan laboratorium komputer sebagai alat praktikum ilmu TIK.

Laboratorium menyediakan berbagai alat yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti komputer yang dilengkapi dengan jaringan Internet, dan perangkat audio dan visual lainnya. Demikian juga TU Staff (administrasi) telah menggunakan sistem database untuk mengumpulkan data siswa dan guru.

Saat ini teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan Anda untuk belajar dari jarak jauh. Sistem ini disebut sistem pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh umumnya dilakukan dengan menggunakan internet karena internet adalah alat informasi dan teknologi komunikasi yang murah dan mudah secara global sehingga Anda dapat melakukan pembelajaran jarak jauh dengan mudah dan murah tanpa harus pergi kemana-mana.

Pembelajaran jarak jauh menggunakan media elektronik seperti internet biasanya disebut e-learning. Aplikasi e-learning adalah Moodle.Org, Fedena, Alat Sekolah dan lain-lain.

4. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sektor Kesehatan
Kemajuan dalam teknologi medis telah memungkinkan dokter untuk mendiagnosa dan mengobati pasien dengan lebih baik. Berkat perkembangan teknologi di bidang medis, kehidupan yang tak terhitung jumlahnya telah diselamatkan dan kualitas hidup terus meningkat dari waktu ke waktu.

Melalui penggunaan teknologi dalam penelitian medis, para ilmuwan telah mampu memeriksa penyakit pada tingkat sel dan menghasilkan antibodi terhadap mereka. Vaksin terhadap penyakit yang mengancam jiwa seperti malaria, polio, MMR, dan lainnya. Serta mampu mencegah penyebaran penyakit dan menyelamatkan ribuan nyawa di seluruh dunia.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa vaksin menyimpan sekitar 3 juta orang per tahun, dan mencegah jutaan orang lainnya tertular virus dan penyakit mematikan.

5. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Transportasi
Teknologi memainkan peran penting dalam transportasi pesawat komersial yang dilengkapi dengan peralatan komputer. Demikian juga, transportasi umum di negara-negara maju sudah menggunakan sistem penghitungan penumpang otomatis, sistem informasi penumpang canggih dan pembayaran biaya elektronik.

6. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Perbankan
Revolusi IT telah meningkatkan layanan transaksi perbankan melalui Automated Teller Machines (ATMs). Dengan adanya mesin ATM yang tersebar di seluruh kota, tentunya akan memudahkan pelanggan untuk melakukan kegiatan perbankan tanpa harus mendatangi bank yang bersangkutan.

Seperti memeriksa saldo, tarik tunai, membayar tagihan listrik dan telepon, mentransfer uang semuanya dapat dilakukan di ATM. Apalagi saat ini ada layanan bernama Internet Banking yang bisa membuat semua kegiatan perbankan melalui internet.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel