17 Macam Perangkat Input Dan Fungsinya Beserta Contohnya

17 Macam perangkat input dan fungsinya beserta gambarnya – Perangkat input atau input device adalah peralatan komputer yang digunakan untuk mengirim data ke komputer sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan komputer.

Perangkat input yang paling sering digunakan pada komputer adalah keyboard dan mouse atau mouse.

Namun, sebenarnya ada lusinan perangkat input lain yang juga dapat digunakan untuk memasukkan data ke komputer.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas berbagai perangkat input dan fungsinya.

17 Macam Perangkat Input dan Fungsi serta Contohnya

1. Keyboard komputer

Perangkat Input Dan Fungsinya
keyboard

Keyboard adalah salah satu perangkat input utama yang digunakan untuk mengetik dan memasukkan perintah ke komputer. Bentuk dan tombol keyboard hampir sama dengan mesin tik lama. tetapi keyboard komputer memiliki tombol yang lebih lengkap.

Dengan Keyboard, Anda dapat memasukkan huruf, angka, dan simbol lain ke dalam komputer yang dapat berfungsi sebagai perintah atau digunakan untuk mengetik teks.

Artikel utama: Pengertian Keyboard dan Fungsinya

2. Mouse komputer

Perangkat Input Dan Fungsinya
mouse

Mouse adalah perangkat input yang bisa dipegang. Mouse berfungsi untuk mengontrol kursor dan dapat berpindah untuk memilih teks, ikon, file, dan folder.

Untuk komputer desktop, mouse diletakkan di atas permukaan yang rata seperti alas mouse atau meja dan diletakkan di depan komputer.

Baca juga: Jenis Jenis Mouse Komputer

3. TouchPad

Perangkat Input Dan Fungsinya
touchpad

Touchpad adalah perangkat input pada laptop dan beberapa keyboard untuk memindahkan kursor dengan jari Anda. Anda dapat menggunakan Touchpad bukan mouse eksternal.

Touchpad dioperasikan menggunakan jari. Saat Anda menggerakkan jari ke permukaan, kursor mouse bergerak ke arah yang sama.

Seperti kebanyakan mouse komputer, touchpad ini juga memiliki dua tombol permukaan sentuh yang memungkinkan klik kiri atau klik kanan.

4. Stylus

Perangkat Input Dan Fungsinya
stylus

Stylus adalah perangkat input berbentuk pena yang digunakan pada tablet atau monitor layar sentuh. Anda dapat menggunakan stylus untuk menulis, menggambar pada permukaan layar sentuh.
Tidak seperti pena, stylus memiliki ujung plastik atau felt.

5. Barcode Reader

Perangkat Input Dan Fungsinya
barcode reader

Barcode adalah perangkat input yang sering digunakan untuk membantu mengatur dan mengindeks informasi atau harga suatu barang. Barcode juga sering digunakan oleh layanan pengiriman POS sehingga mereka dapat membantu dan mempercepat pengiriman surat.

6. Biometrik

Perangkat Input Dan Fungsinya
biometrik

Biometrik adalah perangkat input yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang dengan mengukur fitur biologisnya. Jika dibandingkan dengan kata sandi, jenis sistem ini jauh lebih sulit dipalsukan karena itu unik untuk orang itu.

Biometrik biasanya digunakan untuk sistem keamanan, jika kita sering melihat film aksi holywood Anda akan melihat biometrik dalam berbagai jenis. Seperti transfer suara, pemindai mata, pemindai sidik jari, dll.

7. Gamepad

Perangkat Input Dan Fungsinya
gamepad

Gamepad adalah perangkat periferal yang terhubung ke komputer atau sistem konsol game.
Gamepad memiliki beberapa tombol tergantung pada jenisnya. Game dapat digunakan untuk memainkan video game.

Gamepad pertama diperkenalkan pada tahun 1985, pertama oleh Nintendo, kemudian oleh Sega.

8. Joystick

Perangkat Input Dan Fungsinya
joystick

Joystick adalah perangkat input yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol karakter atau mesin dalam program komputer, seperti pesawat terbang dalam simulator penerbangan. Joystick hampir sama dengan perangkat kontrol lainnya.

Joystick pertama ditemukan di Laboratorium Penelitian Angkatan Laut AS oleh CB Mirick dan dipatenkan pada tahun 1926.

9. Steering Wheel

perangkat input dan fungsinya
Steering Wheel

Steering Wheel atau Steering adalah perangkat yang digunakan dalam game balap atau program mengemudi. Peran ini terhubung melalui USB, biasanya termasuk perangkat akselerasi dan pedal rem; Beberapa bahkan termasuk mekanisme untuk memindahkan gigi.

10. Microsoft Kinect

perangkat input dan fungsinya
Microsoft Kinect

Microsoft memperkenalkan perangkat Kinect untuk Xbox 360, menggunakan Kinect Anda dapat bermain game dengan menggerakkan tubuh Anda.

11. Scanner

perangkat input dan fungsinya
scanner

Scanner adalah perangkat keras komputer yang secara optik “membaca” gambar dan mengubahnya menjadi sinyal digital. Pemindai dapat digunakan untuk mengonversi gambar atau dokumen tercetak (hard copy) ke file digital yang dapat diedit kembali di komputer.

12. Webcam

perangkat input dan fungsinya
webcam

WebCam adalah perangkat input yang terhubung ke komputer dan Internet untuk mengambil gambar diam atau gerakan pengguna dan objek lain. Saat ini, beberapa webcam tersedia di laptop. Atau Anda juga dapat membeli webcame terpisah dan menghubungkannya ke port USB komputer.

13. Pen Tablet

perangkat input dan fungsinya
pen table

Tablet pena adalah perangkat input yang biasa digunakan oleh seniman untuk menggambar atau membuat sketsa secara digital menggunakan pena atau stylus.

14. Pen Light

perangkat input dan fungsinya
pen light

Pen Light adalah perangkat input yang dapat digunakan untuk mengarahkan, memilih dan mengkonversi teks pada layar datar.

16. Mikrofon
Mikrofon komputer kadang-kadang disingkat sebagai mic adalah perangkat input yang pertama kali dibuat oleh Emile Berliner pada tahun 1877. Menggunakan mikrofont Anda memasukkan suara audio ke komputer.

17. Yoke

perangkat input dan fungsinya
yoke

Yoke adalah perangkat input yang digunakan untuk permainan komputer, seperti game simulasi penerbangan, yang memungkinkan pemain untuk terbang, memanjat, mundur dengan menarik atau mendorong perangkat.

Nah itulah 17 macam perangkat input dan fungsinya beserta gambarnya. Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel ini hingga selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel