Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet

Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet – Selain perangkat keras untuk mengakses internet, Anda juga memerlukan perangkat lunak untuk mengakses Internet untuk menikmati berbagai layanan dan fasilitas di Internet. Ada berbagai macam perangkat lunak yang harus tersedia untuk mengakses internet.

Perangkat lunak paling penting untuk mengakses Internet harus diinstal pada komputer adalah browser. Sedangkan untuk perangkat lunak lain seperti untuk chatting, e-mail, dan FTP harus diinstal jika Anda benar-benar membutuhkannya.

Selain itu, Anda juga membutuhkan sistem operasi yang mendukung jaringan dan protokol yang digunakan untuk internet untuk mengakses internet.

Apa itu sistem operasi? baca di sini pengertian sistem operasi

Maka dari itu, artikel ini akan membahas macam-macam perangakat lunak yang dibutuhkan untuk mengakses internet. Berikut adalah ulasannya;

Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet

1. Sistem Operasi

perangkat lunak untuk mengakses internet
OS

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara perangkat lunak dan perangkat keras. Jika perangkat lunak memerlukan akses ke perangkat keras, misalnya ketika menyimpan data pada disket, aplikasi akan dijalankan melalui sistem operasi.

Saat ini ada banyak sistem operasi. Tetapi yang paling banyak digunakan adalah Windows, Linux untuk komputer dan laptop berbasis Intel, dan MacOS untuk Macintosh berbasis OS.

2. Aplikasi browser

aplikasi untuk mengakses internet
web browser

Aplikasi browser berfungsi untuk menampilkan informasi yang dihasilkan dari internet. Seperti Internet Explorer (IE) dan Mozilla Firefox dan Google Crhome, Opera.

Internet Explorer adalah aplikasi browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer berbasis Windows.

Internet Explorer memberikan keuntungan kemudahan instalasi browser. Memasang sistem operasi Windows berarti Anda sudah memiliki Internet Explorer di komputer Anda.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot menginstal aplikasi browser internet secara terpisah.

Sementara itu, Mozilla Firefox adalah aplikasi browser favorit setelah Internet Explorer. Mozilla Firefox memiliki fitur yang memberikan beberapa manfaat bagi penggunanya, yaitu pengguna tidak perlu membuka jendela browser hanya untuk membuka satu URL.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka beberapa URL sekaligus, desktop tidak akan menjadi sesak oleh banyak jendela browser.

Selain itu, Anda dapat menjelajahi internet dan membuka URL grup secara bersamaan.

Ada banyak aplikasi browser yang dapat Anda unduh secara gratis, termasuk Microsoft Internet Explorer, Netscape Communicator, Opera, Google Chrome, dan Mozilla Firefox.

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, browser Internet Explorer diinstal pada komputer. Namun, jika Anda lebih suka menggunakan browser lain, seperti Mozilla Firefox, maka Anda harus menginstalnya sendiri.

3. Aplikasi opsional
Selain perangkat lunak sistem operasi dan aplikasi browser, ada juga perangkat lunak opsional. Artinya, bahkan tanpa perangkat lunak ini Anda masih dapat mengakses internet. Aplikasi opsional meliputi:

a. Aplikasi e-mail seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, dan Mozilla Thunderbird.
b. Aplikasi obrolan seperti mIRC, ICQ, dan Yahoo! Kurir.
c. Unduh aplikasi manajemen seperti Flashget dan Internet Download Manager.
d. Program aplikasi untuk FTP termasuk Go! Zilla, CuteFTP, CoffeCup FTP gratis, dan WSFTP.

Itulah Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet, jika Anda ingin menambahkan materi di atas, silakan beri komentar! Terima kasih: D

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel