Timeline: Sejarah Perkembangan Internet Dari Awal Sampai Sekarang

Diposting pada

Pintarkomputer.Id –┬áJika Anda mencari sejarah perkembangan internet di dunia, Anda akan menemukan banyak blog yang membahas sejarah internet.

Namun, sebagian besar artikel sejarah internet tidak lagi diperbarui, dan hanya terbatas pada asal-usul internet.

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan Timeline sejarah perkembangan internet di dunia dari awal sampai sekarang.

Untuk itu, mari baca artikel ini sampai selesai.

 

Timeline: Sejarah Perkembangan Internet Dunia

Sejarah Internet dimulai dengan perkembangan komputer elektronik pada tahun 1950. Konsep awal jaringan WAN berasal dari beberapa laboratorium ilmu komputer di Amerika Serikat, Inggris dan Perancis.

JCR Licklider yang merupakan Wakil Presiden di Bolt Beranek dan Newman, Inc., mengusulkan jaringan global dalam makalah Man-Computer Simbulosis pada Januari 1960.

Pada bulan Agustus 1962, Licklider dan Welden Clark menerbitkan makalah “Komunikasi Komputer di On-Line” yang merupakan salah satu deskripsi pertama dari masa depan jaringan.

sejarah perkembangan internet
september 1969

Pada bulan Oktober 1962, Licklider dipekerjakan oleh Jack Ruina sebagai direktur Kantor Teknik Pemrosesan Informasi (IPTO) yang baru didirikan di DARPA, dengan mandat untuk menghubungkan komputer Departemen Pertahanan AS di Cheyenne Mountain, Pentagon dan SAC HQ.

1965: Dua komputer di MIT Lincoln Lab berkomunikasi satu sama lain menggunakan teknologi packet-switching.

1968: Beranek dan Newman, Inc. (BBN) memperkenalkan versi final spesifikasi Interface Message Processor (IMP). BBN memenangkan kontrak ARPANET.

1969: Pada 29 Oktober, Pusat Pengukuran Jaringan UCLA, Stanford Research Institute (SRI), Universitas California-Santa Barbara dan Universitas Utah memasang node. Pesan pertama adalah “LO,” yang merupakan upaya oleh mahasiswa Charles Kline untuk “LOGIN” ke komputer SRI dari universitas. Namun, pesan tidak dapat diselesaikan karena sistem SRI macet.

1972: Ray Tomlinson dari BBN memperkenalkan jaringan e-mail. Kelompok Kerja Internetworking (INWG) dibentuk untuk mengatasi kebutuhan untuk menetapkan protokol standar.

Baca juga: Cara membuat email

1973: Jaringan global menjadi kenyataan ketika University College of London (UK) dan Royal Radar Establishment (Norwegia) terhubung ke ARPANET. Tahun inilah istilah internet lahir.

1974: Penyedia Layanan Internet (ISP) pertama lahir dengan pengenalan versi komersial ARPANET, yang dikenal sebagai Telenet.

1974: Vinton Cerf dan Bob Kahn (yang terkenal sebagai Bapak Internet) menerbitkan “Protokol untuk Paket Jaringan Interkoneksi,” yang merinci desain TCP.

1976: Ratu Elizabeth II menggunakan “tombol kirim” di email pertamanya.

1979: USENET membentuk grup berita dan diskusi.

1981: National Science Foundation (NSF) memberikan hibah untuk membentuk Jaringan Ilmu Komputer (CSNET) untuk menyediakan layanan jaringan bagi para ilmuwan komputer universitas.

1982: Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP), sebagai protokol suite, umumnya dikenal sebagai TCP / IP, muncul sebagai protokol untuk ARPANET. Ini menghasilkan definisi baru Internet sebagai koneksi TCP / IP internet. TCP / IP tetap merupakan protokol standar untuk Internet.

1983: Domain Name Systems (DNS) mendefinisikan sistem yang sudah dikenal .edu, .gov, .com, .mil, .org, .net, dan .int untuk penamaan situs web. DNS lebih mudah diingat daripada sebutan sebelumnya untuk situs web, seperti 123.456.789,10.

1984: William Gibson, penulis “Neuromancer,” adalah orang pertama yang menggunakan istilah “dunia maya”.

1985: Symbolics.com, situs web Symbolics Computer Corp di Massachusetts, menjadi domain pertama yang terdaftar.

1986: NSFNET National Science Foundation terhubung ke pusat superkomputer yang terhubung dengan kecepatan 56.000 bit per detik – kecepatan modem komputer dial-up yang khas.

Seiring waktu, jaringan percepatan dan penelitian regional dan jaringan pendidikan, yang didukung sebagian oleh NSF, terhubung ke tulang punggung NSFNET – secara efektif memperluas Internet di seluruh Amerika Serikat. NSFNET pada dasarnya adalah jaringan yang menghubungkan pengguna akademik dengan ARPANET.

1987: Jumlah pengguna Internet melebihi 20.000.

1989: World.std.com menjadi penyedia akses dial-up komersial pertama ke Internet.

1990: Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan di CERN, Organisasi Eropa untuk Penelitian Nuklir, mengembangkan HyperText Markup Language (HTML). Teknologi ini terus memiliki dampak besar pada cara kita menavigasi dan melihat Internet saat ini.

1991: CERN memperkenalkan World Wide Web atau www kepada publik.

1992: Audio dan video pertama didistribusikan melalui Internet. Ungkapan “berselancar di Internet” mulai dipopulerkan tahun ini.

1993: Jumlah situs web mencapai 600. Marc Andreesen mengembangkan browser Web Mosaic di Universitas Illinois, Champaign-Urbana.

Jumlah komputer yang terhubung ke NSFNET tumbuh dari 2.000 pada tahun 1985 menjadi lebih dari 2 juta pada tahun 1993. National Science Foundation memimpin upaya untuk menguraikan arsitektur Internet baru yang akan mendukung pertumbuhan penggunaan jaringan komersial.

1994: Netscape Communications lahir. Microsoft membuat browser Web untuk Windows 95.

1994: Yahoo! dibuat oleh Jerry Yang dan David Filo, dua mahasiswa pascasarjana teknik elektro di Stanford University. Situs ini awalnya bernama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web.” Perusahaan ini kemudian masuk pada Maret 1995.

1995: Compuserve, America Online dan Prodigy mulai menyediakan akses Internet. Amazon.com, Craigslist, dan eBay ditayangkan. Tulang punggung asli NSFNET dinonaktifkan ketika transformasi Internet ke perusahaan komersial sebagian besar selesai.

1995: Situs kencan online pertama, Match.com, diluncurkan.

1996: Perang browser, terutama antara Microsoft dan Netscape mulai memanas. CNET membeli tv.com seharga $ 15.000.

1996: Animasi 3D dijuluki “The Dancing Baby” atau Baby Cha-Cha menjadi salah satu video viral pertama.

1997: Netflix didirikan oleh Reed Hastings dan Marc Randolph sebagai perusahaan yang mengirim pengguna DVD melalui surat.

1998: Mesin pencari Google lahir.

1998: Protokol Internet versi 6 diperkenalkan, untuk memungkinkan pertumbuhan Alamat Internet di masa depan. Protokol yang paling banyak digunakan adalah versi 4. IPv4 menggunakan alamat 32-bit yang memungkinkan untuk 4,3 miliar alamat unik; IPv6, dengan alamat 128-bit, akan memungkinkan 3,4 x 1038 alamat unik, atau 340 triliun triliun triliun.

1999: AOL membeli Netscape. Peer-to-peer file sharing menjadi kenyataan ketika Napster tiba di Internet, hal ini membuat industri musik tidak senang.

2000: Meledaknya gelembung dot-com. Situs web seperti Yahoo! dan eBay dilanda serangan penolakan layanan skala besar, menyoroti kerentanan Internet. AOL bergabung dengan Time Warner

2001: Seorang hakim federal menutup Napster.

2003: worm SQL Slammer menyebar ke seluruh dunia hanya dalam 10 menit. Myspace, Skype dan Safari Web browser.

2003: Platform penerbitan blog WordPress diluncurkan.

2004: Facebook muncul di internet dan era jejaring sosial dimulai. Mozilla memperkenalkan browser Mozilla Firefox.

2005: YouTube.com diluncurkan. Situs berita sosial Reddit juga didirikan.

2006: AOL mengubah model bisnisnya, menawarkan sebagian besar layanan secara gratis dan bergantung pada iklan untuk menghasilkan pendapatan.

2006: Twitter diluncurkan. Pendiri perusahaan, Jack Dorsey, mengirim tweet pertama: “cukup siapkan tweet saya.”

2009: Internet menandai hari jadi ke-40.

2010: Facebook mencapai 400 juta pengguna aktif.

2010: Situs jejaring sosial Pinterest dan Instagram diluncurkan.

2011: Twitter dan Facebook memainkan peran besar dalam pemberontakan Timur Tengah.

2012: Pemerintah Presiden Barack Obama mengumumkan penentangannya terhadap bagian utama dari Undang-Undang Pembajakan Daring dan memberlakukan aturan baru yang luas yang mengharuskan penyedia layanan internet untuk mengawasi konten yang dilindungi hak cipta.

2013: Edward Snowden, mantan karyawan CIA dan National Security Agency (NSA), mengungkapkan bahwa NSA memiliki program pemantauan yang mampu mencegat ribuan orang, termasuk warga AS.

2015: Instagram, situs berbagi foto, mencapai 400 juta pengguna, melebihi Twitter, yang akan terus mencapai 316 juta pengguna di pertengahan tahun yang sama.

2016: Google memperkenalkan Asisten Google, program asisten pribadi yang diaktifkan dengan suara, menandai masuknya raksasa Internet ke pasar asisten “terkomputerisasi” cerdas. Google bergabung dengan Amazon Alexa, Siri dari Apple, dan Cortana dari Microsoft.

Berikut adalah gambar timeline sejarah perkembangan internet di dunia sampai sekarang!

timeline sejarah jaringan komputer
timeline sejarah jaringan komputer sumber: tes.com

Silahkan berkomentar dengan relevan