5 Tips Memilih Printer Yang Bagus Dan Awet

Tips Memilih Printer Yang Bagus Dan Awet – Memiliki printer yang bagus dan juga tahan lama, dan dapat digunakan dalam berbagai kondisi, tentu saja, adalah salah satu hal yang kita inginkan dan juga harapkan dari sebuah printer.

Karena itu, anda harus pintar memilih printer yang bagus dan juga tahan lama.

Berikut ini beberapa tips memilih printer yang baik dan tahan lama yang dapat diterapkan untuk dicoba:

Tips Memilih Printer Yang Bagus Dan Awet

1. Membeli Printer Sesuai Dengan Kebutuhan
Hal utama adalah memastikan untuk apa Anda membeli printer. Jika Anda hanya ingin mencetak dari kata biasa atau dokumen excel, dan dalam jumlah kecil, opsi deskjet dengan cardritge dapat menjadi pilihan yang tepat.

Jenis printer ini lebih tahan lama dan juga mudah di rawat membutuhkan perawatan yang mudah, terutama jika hanya digunakan untuk mencetak dalam jumlah kecil.

Tetapi jika Anda membutuhkan printer multifungsi, maka pasti printer jenis laser dengan tinta berwarna adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: 30 perangkat keras komputer dan fungsinya

2. Coba Beli Printer dalam Kondisi Baru
Mengingat bahwa printer biasanya merupakan salah satu perangkat yang mudah rusak jika tidak ditangani dengan benar, maka Anda mungkin mendapatkan kondisi printer bekas yang buruk.

Karena itu, Anda disarankan untuk membeli printer baru, karena selain harganya yang juga tidak terlalu mahal, Anda juga akan mendapatkan garansi dari distributor dan juga pabrik yang membuat printer.

Anda harus tahu bagaimana memilih printer yang bagus dan murah sehingga setelah membeli printer tidak mudah rusak dengan harga mahal.

Perhatikan garansi dari toko dan pabrik pembuatan printer

Satu hal lain yang penting bagi Anda adalah melihat garansi yang diberikan oleh distributor. Jika garansi hanya singkat, maka Anda harus mencari printer dengan masa garansi yang panjang.

Masa garansi panjang menunjukkan keseriusan pabrik atau distributor kualitas produk yang mereka buat dan juga menjualnya.

3. Pilih merek printer yang berkualitas baik

tips memilih printer
HP Printer

Merek juga merupakan salah satu indikator printer dengan kualitas yang baik dan tahan lama. Pilih merek printer yang telah diuji kualitasnya. Ada banyak printer yang telah diuji kualitasnya.

Beberapa merek printer, seperti merek HP, Epson, Canon, dan beberapa merek lain adalah pemain lama dalam bisnis printer. Oleh karena itu, Anda dapat memilih jenis printer dari merek-merek ini.

4. Periksa Kondisi Fisik Printer
Kondisi fisik printer juga harus dipertimbangkan. Meskipun Anda membeli printer dalam kondisi baru, namun, bisa jadi printer memiliki cacat produk, dan memiliki gangguan operasional.

Jadi selain pemeriksaan fisik dari printer, Anda juga harus dapat memastikan bahwa printer dapat berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan.

5. Perhatikan Layanan Purna Jual dari Distributor Printer
Selain melihat kondisi fisik, pengguna juga perlu memperhatikan layanan purna jual dari distributor. Pilih distributor yang memiliki purna jual yang baik, karena ini terkait erat dengan klaim garansi dan juga proses layanan printer jika terjadi kerusakan.

Ketika Anda memilih printer dengan layanan purna jual yang buruk, ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman juga.

Itulah beberapa tips untuk memilih printer yang baik dan tahan lama. Namun, printer tidak akan bertahan lama dan tetap baik jika Anda tidak mengurusnya dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat printer dengan benar dan juga dengan benar:

  1. Jangan letakkan printer di tempat yang terlalu panas.
  2. Instal driver printer sepenuhnya.
  3. Selalu gunakan tinta berkualitas untuk hasil yang maksimal.
  4. Jangan pernah menaruh barang yang terlalu berat pada printer.
  5. Isolasi printer saat terlalu panas.
  6. Gunakan printer yang Anda miliki sesuai dengan peruntukannya. Misalnya, jangan gunakan ukuran kertas yang terlalu besar atau terlalu kecil, atau paksa printer untuk mencetak gambar yang memiliki detail tinggi, meskipun printer tidak mendukung pencetakan HD.

Itulah beberapa tips memilih printer yang baik dan tahan lama, dan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat printer Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua, dan juga dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Silahkan berkomentar dengan relevan

error: Maaf! Artikel tidak bisa di copas. Silahkan klik download artikel dibagian bawah artikel